Unigal Repository

PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOOKET DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZWHIZZER DI SMA NEGERI 6 TASIKMALAYA

Show simple item record

dc.date.accessioned 2025-08-14T01:30:21Z
dc.date.available 2025-08-14T01:30:21Z
dc.date.issued 2025-07-19
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6855
dc.description.abstract Resti Cahyani (2107210091) “Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Menggunakan Media Pembelajaran Blooket dengan Media Pembelajaran Quizwhizzer di SMA Negeri 6 Tasikmalaya (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Permintaan dan Penawaran Uang di Kelas XI)” Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan bapak Dr. Rizka Andhika Putra, S. Pd., MM. selaku pembimbing I dan bapak Dr. Endang Mulyadi, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing 2. Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan suatu alat ukur untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran yang diikuti oleh peserta didik, sehingga seorang pendidik dituntut untuk dapat mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media blooket pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media quizwhizzer pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media blooket dengan yang menggunakan media quizwhizzer pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen desain Nonequivalent Control Group Desain. Teknis analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian, prasyarat uji statistika dan uji analisis data. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran blooket pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran quizwhizzer pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan media pembelajaran blooket di kelas eksperimen dengan yang menggunakan media pembelajaran quizwhizzer di kelas kontrol pada pengukuran akhir (posttest). en_US
dc.description.sponsorship Pembimbing I : Dr. Rizka Andhika Putra S.Pd., MM. Pembimbing II : Ilah S.Pd., M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan en_US
dc.subject media pembelajaran, blooket, quizwhizzer, hasil belajar en_US
dc.title PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOOKET DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZWHIZZER DI SMA NEGERI 6 TASIKMALAYA en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account