Abstract:
Nurul Regilia (2107210093) ” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar APBN dan APBD di Kelas XI IPS, MA Daarul Abroor)”. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, pada mata pelajaran Ekonomi di MA Daarul Abroor yang merupakan permasalahan yang harus segera diatasi. Rendahnya hasil belajar diduga disebabkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran serta kurangnya minat belajar. Salah satu upanya untuk meningkatkan minat dan partisipasi aktif peserta didik sebagai upya meningkatkan hasil belajar yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran Teams Games Tournament. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dengan yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantu media Quizizz pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbantu media Quizizz dengan yang menggunakan metode ceramah pada pengukuran akhir (posttest).