dc.contributor.author |
Cahyati, Maria Ulfa Nur |
|
dc.date.accessioned |
2025-08-12T08:07:24Z |
|
dc.date.available |
2025-08-12T08:07:24Z |
|
dc.date.issued |
2025-08-12 |
|
dc.identifier.issn |
2107210089 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6845 |
|
dc.description.abstract |
Maria Ulfa Nur Cahyati (2107210089) “Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantu Media Flipchart Terhadap
Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Eksperimen di
Kelas XI Pada Kompetensi Dasar Inflasi)”. Penulisan Skripsi ini dibawah
bimbingan Ibu Dedeh S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Rita Patonah
S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing II.
Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil
belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proese pembelajaran.
Rendahnya hasil belajar dilatar belakangi oleh berbagai faktor diantaranya
penggunaan model pembelajaran yang belum efektif. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu media
Flipchart pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas
eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode
konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di
kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu media Flipchart
dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (Posttest).
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Bentuk desain
eskperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Non-Eqivalent Control
Group Design.
Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat
perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu media Flipchart pada
pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen; 2)
Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode
konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di
kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu media
Flipchart dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir
(Posttest). |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Dedeh S.Pd., M.Pd.
Rita Patonah S.Pd., M.Pd. |
en_US |
dc.language.iso |
en_US |
en_US |
dc.publisher |
Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan |
en_US |
dc.subject |
model pembelajaran kooperatif, Two Stay Two Stray (TSTS), media Flipchart, hasil belajar. |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantu Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 8 Tasikmalaya |
en_US |
dc.title.alternative |
(Studi Eksperimen di Kelas XI Pada Kompetensi Dasar Inflasi) |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |