Unigal Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantu Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 8 Tasikmalaya

Show simple item record

dc.contributor.author Cahyati, Maria Ulfa Nur
dc.date.accessioned 2025-08-12T08:07:24Z
dc.date.available 2025-08-12T08:07:24Z
dc.date.issued 2025-08-12
dc.identifier.issn 2107210089
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6845
dc.description.abstract Maria Ulfa Nur Cahyati (2107210089) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantu Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Eksperimen di Kelas XI Pada Kompetensi Dasar Inflasi)”. Penulisan Skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Dedeh S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Rita Patonah S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing II. Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proese pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dilatar belakangi oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan model pembelajaran yang belum efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu media Flipchart pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu media Flipchart dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen. Bentuk desain eskperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Non-Eqivalent Control Group Design. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu media Flipchart pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berbantu media Flipchart dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (Posttest). en_US
dc.description.sponsorship Dedeh S.Pd., M.Pd. Rita Patonah S.Pd., M.Pd. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan en_US
dc.subject model pembelajaran kooperatif, Two Stay Two Stray (TSTS), media Flipchart, hasil belajar. en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantu Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 8 Tasikmalaya en_US
dc.title.alternative (Studi Eksperimen di Kelas XI Pada Kompetensi Dasar Inflasi) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account