dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media film dokumenter dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar sejarah pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan prosedur penelitian yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas X E1 SMA N 1 Lakbok sejumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa penerapan model problem based learning melalui media film dokumenter secara efektif mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X E1 SMA N 1 Lakbok. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata motivasi belajar dari 71,88% pada siklus I menjadi 80,80% . Adapun hasil belajar sejarah siklus I yaitu jumlah siswa tuntas dalam pre test yaitu 15 orang siswa atau 16% dan jumlah siswa yang tidak tuntas yaitu 21 orang siswa atau 84%. Adapun dengan kenaikan pada seluruh indikator motivasi belajar. Indikator ketekunan meningkat dari 84% menjadi 100%, keuletan dari 76% menjadi 91,67%, keinginan berprestasi dari 73% menjadi 86,81%, minat belajar dari 67% menjadi 77,78%, dan kemandirian belajar dari 59% menjadi 68,75%. Adapun hasil belajar sejarah dengan jumlah siswa tuntas dalam post test yaitu 23 orang siswa atau 72% dan jumlah siswa tidak tuntas yaitu 13 orang atau 28% pada siklus II. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Pembimbing 1 Sri Pajriah, S.Ag., S.Pd., M.Pd.
Pembimbing 2 Aan Suryana, S.Pd., M.Pd. |
en_US |