dc.description.abstract |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI MA FATHURROHMAN KOTA BANJAR
(Penelitian Tindakan Kelas MA Fathurrohman Kelas XI IPS 1)
Abdul Rohman Wahid (02105210010)
Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh
Email: abdurrahmanbjr40@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil prestasi peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas XI MA Fathurrohman Kota Banjar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran sejarah, yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurang melibatkan keaktifan peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 1 MA Fathurrohman. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning secara signifikan meningkatkan hasil prestasi belajar sejarah peserta didik. Pada Siklus I, nilai rata-rata pre-test adalah 60,48 dengan persentase ketuntasan hanya 3,45%, sedangkan nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 82,5 dengan ketuntasan mencapai 86,2%, mengalami kenaikan sebesar 82,75%. Pada Siklus II, nilai rata-rata pre-test meningkat menjadi 79,07 dan post-test menjadi 82,03, dengan persentase ketuntasan peserta didik naik sebesar 13,79%, dari 79,31% menjadi 93,10%. Peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan ini menegaskan efektivitas model Discovery Learning dalam meningkatkan hasil prestasi belajar peserta didik.
Kata Kunci: Discovery Learning, Prestasi Belajar, Penelitian Tindakan Kelas |
en_US |