Abstract:
Gita Tri Nurciptasari (2107210066) "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe
Numbered Head Together (NHT) Berbantu Media Word Square Terhadap Hasil Belajar
Siswa di SMA Negeri 2 Ciamis” Penulisan skripsi ini dibimbing Bapak Nur Rizqi Arifin,
S.Pd., M.Pd dan Ibu Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, yang
menjadi indikator berhasilnya proses pebelajaran. Pendidik dituntut untuk segera mencari
berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu media word
square pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas
eksperimen. 2) Perbedaan hasil peserta didik yang menggunakan metode konvensional
pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3)
Perbedaan hasil belajar peserta didik yang mengguankan model pembelajaran kooperatif
tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu media word square di kelas eksperimen
dengan yang menggunakan metode konvensional di kelas kontrol pada pengukuran akhir
(posttest). Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperiment tipe Nonequivalent Control
Group Desaign. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar peserta
didik pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbantu media
word square dapat miningkatkan hasil belajar peserta didik.