Abstract:
Yuni Tri Hidayanti (2107210002). “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik (Studi Quasi Eksperimen pada Materi Kompetensi Dasar Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang di Kelas XI AKL SMK Negeri 1 Ciamis)”. Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan Bapak Dr. Rizka Andhika Putra, S.Pd., MM. sebagai pembimbing I dan Bapak Dr. Endang Mulyadi, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas XI AKL SMK Negeri 1 Ciamis yang disebabkan oleh terpusatnya pembelajaran pada pendidik. Menyikapi permasalahan tersebut, penulis menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada kelas ekperimen dan membandingkan dengan metode pembelajaran konvensional yang selama ini digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan yang menggunakan model pembelajaran pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian eksperimen (quasi experimental) dengan desain non-equivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t.
Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pengukuran awal (Pretest) dan pengukuran akhir (Posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan yang menggunakan model pembelajaran pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).