Abstract:
Tujuan dari penelitian yang penulis ajukan yaitu untuk mengetahui apakah
terdapat perbandingan yang signifikan antara latihan menggunakan awalan dan
tanpa awalan terhadap hasil shooting dalam permainan sepakbola kelas VI di SD
Negeri 2 Kadupandak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode true-eksperiment design. Desain penelitian yang akan digunakan
dalam penelitian ini adalah two group pretest-posttest design. Populasi dan
sampel penelitian ini adalah seluruh siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler
sepakbola di kelas VI SD Negeri 2 Kadupandak. Berdasarkan hasil analisis
menunjukkan bahwa kedua kelompok mengalami peningkatan terhadap hasil
shooting dalam permainan sepakbola kelas VI di SD Negeri 2 Kadupandak
dengan latihan menggunakan awalan sebesar 20.7% dan latihan tanpa awalan
sebesar 30.3%. Latihan tanpa awalan lebih efektif dari pada latihan menggunakan
awalan terhadap hasil shooting dalam permainan sepakbola kelas VI di SD Negeri
2 Kadupandak. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dengan
menggunakan pendekatan statistika, penulis dapat menyimpulkan hasil penelitian
sebagai berikut:
1. Terdapat perbandingan yang signifikan latihan menggunakan awalan terhadap
hasil shooting dalam permainan sepakbola kelas VI di SD Negeri 2
Kadupandak.
2. Terdapat perbandingan yang signifikan latihan tanpa awalan terhadap hasil
shooting dalam permainan sepakbola kelas VI di SD Negeri 2 Kadupandak.
3. Latihan tanpa awalan lebih efektif dari pada latihan menggunakan awalan
terhadap hasil shooting dalam permainan sepakbola kelas VI di SD Negeri 2
Kadupandak.