Abstract:
Yuni Wandini.2025. Strategi Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Desa Tambaksari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Program Studi Ilmu
Pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Polotik (FISIP). Universitas Galuh.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Strategi Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan yang belum optimal dalam Pengembangan UMKM di Desa Tambaksari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Indikator permasalahan yaitu: kurangnya daya beli masyarakat, pendapatan pedagang yang relatif kecil, belum ada dari dinas koperasi ukm dan perdagangan berkaitan dengan permodalan usaha bagi pelaku usaha. Rumusan masalah “Bagaimana Strategi Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan dalam Pengembangan UMKM di Desa Tambaksari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan dalam Pengembangan UMKM Di Desa Tambaksari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan teori Strategi Mulgan dalam Suwarsono Muhammad (2021: 65-70) yaitu Tujuan, Lingkungan, Pengarahan, Tindakan, Pembelajaran. Desain Penelitian mengunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Jumlah informan 6 orang, teknik pengumpulan data studi kepustakaan & studi lapangan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan/analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Strategi Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan dalam Pengembangan UMKM Di Desa Tambaksari Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis sudah dapat dikatakan optimal namun belum sepenuhnya optimal. Hal ini dapat dilihat dari 15 indikator, terdapat 4 indikator yang belum optimal, dan 11 indikator yang sudah optimal. Hambatanya: Keterbatasan SDM yang sedikit, APBD yang masih kurang masih devisit, banyak produk UMKM yang konservatif, pelaku umkm yang kurang berinovatif dalam pemasaran, tidak semua program-program dari Provinsi & Kementrian/ pihak lain bisa dilaksanakan,target pengembangan UMKM ke segmen pasar yang lebih luas masih menghadapi beberapa tantangan. Upayanya melakukan kerja sama dengan pihak lain untuk pendampingan terhadap UMKM, melibatkan stakeholder seperti perbankan terkait manjemen keuangan, melakukan pembinaan dan sosialisasi terkait pemasaran digital lewat e-commerce, peningkatan dan kompetensi melalui pelatihan, pendampingan, bimtek dan peningaktan kapasitas pembinaan agar kemampuan dan pengetahuan pelaku UMKM tentang standar, kualitas dan inovasi produk dapat meningkat.
Kata Kunci: Strategi, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Pengembangan UMKM