Abstract:
Strategi pemasaran benih ikan mas adalah serangkaian langkah dan metode yang digunakan untuk mempromosikan, mendistribusikan, dan menjual benih ikan mas kepada target pasar, seperti pembudidaya, kolam pemancingan, dan pelaku usaha perikanan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembenihan ikan mas di Desa Singkir Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya, saluran pemasaran benih ikan mas di Desa Singkir Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya, dan prospek pemasaran benih ikan mas di Desa Singkir Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus. Sedangkan untuk mengetahui saluran pemasaran dan lembaga pemasaran benih ikan sampel diambil menggunakan teknik snowball sampling. Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembenihan ikan mas di Desa Singkir Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya melalui beberapa tahap yakni pemberokan indukan mas, proses pemijahan, penetasan telur ikan mas, perawatan larva, pendederan dan pemanenan. Terdapat 2 saluran pemasaran yakni, saluran nol tingkat dan tiga tingkat. Strategi pemasaran benih ikan mas di Desa Singkir cenderung positif terlihat dari hasil analisis SWOT bahwa Strategi Pemasaran benih ikan mas harus ke arah yang baik di masa mendatang dan perlu memperbaiki segala kelemahan serta mengatasi beberapa ancaman.