dc.contributor.author |
Pauji Hasanudin, Reska |
|
dc.date.accessioned |
2025-07-18T06:41:01Z |
|
dc.date.available |
2025-07-18T06:41:01Z |
|
dc.date.issued |
2024-07 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6617 |
|
dc.description.abstract |
RESKA PAUJI HASANUDIN. 2024. Strategi Pemasaran Ikan Platy di Desa Arjasari Kecamatan Leuwisari KabupEsaten Tasikmalaya. Di bawah bimbingan AGUS YUNIAWAN ISYANTO dan SAEPUL AZIZ.
Ikan platy merupakan salah satu ikan hias air tawar yang memiliki daya tarik, karena mempunyai bentuk yang menawan, warna yang variatif, gerakan lincah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan dalam pemasaran ikan platy (Xiphophorus maculatus) yang ada di Desa Arjasari Kecamatan Leuwisari. 2) Bagaimana faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman dalam pemasaran ikan platy (Xiphophorus maculatus) yang ada di Desa Arjasari Kecamatan Leuwisari. 3) Bagaimana Strategi Pemasaran Ikan Platy (Xiphophorus maculatus) yang ada di Desa Arjasari Kecamatan Leuwisari. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan mengambil kasus pada pembudidaya ikan platy di Desa Arjasari Kecamatan Leuwisari dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Responden dalam penelitian ini ditentukan secara sengaja (purposive sampling) sebanyak 5 (lima) orang pembudidaya ikan platy. Hasil penelitia menunjukkan bahwa faktor internal yang menjadi kekuatan pada pemasaran ikan platy di Desa Arjasari yaitu : a) kualitas ikan platy yang sehat dan segar; b) lokasi pemasaran yang strategis; c) pelaku memiliki pengalaman dan keterampilan budidaya yang memadai. 2) Faktor external yang menjadi peluang dalam pemasaran ikan platy di Desa Arjasari yaitu : a) peningkatan kebutuhan ikan platy untuk umum, dunia usaha dan pemerintah; b) akses teknologi budidaya cukup terbuka; c) jumlah penduduk yang terus meningkat. 3) Analisis IFAS (Internal Factor Analysis Summary) dan hasil Analisis EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary), serta hasil perhitungan nilai skor terhadap alternatif strategi maka strategi yang paling tepat untuk diterapkan oleh pelaku usaha ikan platy adalah strategi S-O (Strengths-Opportunities) yaitu menjaga kualitas ikan platy agar dapat memenuhi permintaan pasar, terus mengakses teknologi, memanfaatkan lokasi, yang mendukung. Jika strategi pengembangan tersebut dijalankan dengan baik maka usaha ikan platy diharapkan mengalami peningkatan keuntungan. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Dr. drh. Agus Yuniawan Isyanto,M.P
Saeful Aziz., S.P., M.P |
en_US |
dc.publisher |
Pertanian Agribisnis |
en_US |
dc.title |
Strategi Pemasaran Ikan Platy Di Desa Arjasari Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |