Abstract:
Milah Kamilah (2107200023) "pengaruh model pembelajaran demonstrasi terhadap
hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri1Rajadesa (Studi Quasi
Eksperimen Pada Kompetensi Dasar dasar-dasar akuntansi di Kelas X AKL)".
Penulis skripsi ini dibawah bimbingan Ibu Yuyun Susanti, S.Pd., M.Pd selaku
Pembimbing I dan Bapak Nur Rizqi Arifin, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing 11.
Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi di SMK Negeri 1
Rajadesa merupakan permasalahan yang harus segera diatasi. Rendahnya hasil
belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan model
pembelajaran yang belum optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil
belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi pada kelas
eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran demonstrasi pada pengukuran awal (pretest)
dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran
akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran demonstrasi dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan
model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen desain
Nonequivalent Control Group Desain pengambilan sampel dengan menggunakan
teknik sampling jenuh. Teknis analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini
berupa uji instrument penelitian, prasyarat uji statistika dan uji analisis data. Dari
penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar
peserta didik yang menggunakan model pembelajaran demonstrasi pada
pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan
hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional
pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Terdapat
perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
demostrasi dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).
Kata kunci: Model Pembelajaran, Demonstrasi, Hasil belajar.