dc.contributor.author |
HERDIANA, DONI |
|
dc.date.accessioned |
2025-07-07T04:09:15Z |
|
dc.date.available |
2025-07-07T04:09:15Z |
|
dc.date.issued |
2025-06-19 |
|
dc.identifier.citation |
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia |
en_US |
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6507 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks resensi peserta didik melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis digital. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus di kelas VIII A SMP Negeri 4 Manonjaya. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah diferensiasi konten yang disesuaikan dengan minat peserta didik terhadap bahan resensi, yaitu film pendek dan video animasi. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, wawancara, penilaian keterampilan menulis, dan refleksi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis peserta didik dari siklus I ke siklus II pada empat aspek penilaian, yaitu isi, struktur, bahasa, dan format. Rata-rata nilai peserta didik meningkat dari kategori cukup menjadi baik. Pendekatan berdiferensiasi berbasis digital terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis peserta didik. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi yang terintegrasi dengan media digital dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis peserta didik, khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat SMP. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Pembimbing 1 Taufik Hidayat, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing 2 Rina Agustini, S.Pd., M.Pd. |
en_US |
dc.language.iso |
en_US |
en_US |
dc.publisher |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh |
en_US |
dc.subject |
Keterampilan Menulis; Teks Resensi; Pembelajaran Berdiferensiasi; Media Digital. |
en_US |
dc.title |
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS RESENSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS DIGITAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 4 MANONJAYA |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |