Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya keputusan pembelian secara online pada Minimalistic.id Ciamis yang diakibatkan oleh belum optimalnya perepsi keudahan dalam membeli dan kualitas informasi pada Minimalistic.id. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pengaruh kemudahan membeli terhadap keputusan pembelian online di Minimaistic.id?; 2) Bagaimana pengaruh kualitas informasi terhadap keputusan pembelian Online di Minimaistic.id; 3) Bagaimana pengaruh kemudahan membeli dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online di Minimaistic.id?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh kemudahan membeli terhadap keputusan pembelian online di Minimaistic.id; 2) Pengaruh kualitas informasi terhadap keputusan pembelian Online di Minimaistic.id; 3) Pengaruh kemudahan membeli dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online di Minimaistic.id.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi yang akan dijadikan objek penelitian adalah rata-rata konsumen pada Minimalistic.id Ciamis yang melakukan pembelian pada bulan Januari - Desember 2022 yaitu sebanyak 23.873 orang, ukuran sampel yang dipilih adalah sebanyak 100 orang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu studi kepustakaan, studi lapangan dan penyebaran kuisioner.
Dari hasil penelitian, dapat ditarik suatu simpulan sebagai berikut: 1) Kemudahan membeli pada Minimalistic.id Ciamis termasuk dalam kategori sangat mudah. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kemudahan membeli terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimalistic.id Ciamis; 2) Kualitas informasi pada Minimalistic.id Ciamis termasuk dalam kategori sangat baik. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimalistic.id Ciamis; 3) Keputusan pembelian secara noline pada Minimalistic.id Ciamis termasuk dalam kategori sangat tinggi. Begitu pula berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kemudahan membeli dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimalistic.id Ciamis. Artinya jika kemudahan membeli dan kualitas informasi sudah baik maka keputusan pembelian konsumen akan meningkat.
Kata Kunci: Kemudahan Membeli, Kualitas Informai dan Keputusan Pembelian Secara Online