Abstract:
Penelitian ini berjudul “Nilai Pendidikan dalam Pelaksanaan Tradisis Upacara
Nyepuh pada Masyarakat Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Ciamis (Alternatif
Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Sejarah)”. Tradisi Upacara Nyepuh
adalah upacara tradisional yang memiliki arti “Pendalam” atau “Penyempurnaan”
dan berarti juga “Nyipuh”. Selain itu juga, cerita sejarah sering dijadikan salah
satu bahan ajar pada peserta didik. Sebuah bahan ajar tentunya harus memiliki
kriteria bahan ajar untuk peserta didik. Bagaimana niali-nilai pendidikan dalam
pelaksanan Tradisi Upacara Nyepuhpada Masyarakat Desa Ciomas Kecamatan
Panjalu Ciamis? Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu mesdeskripsikan nilai-
nilai pendidikan yang terdapat dalam pelaksanaan Tradisi Upacara Nyepuh pada
masyarakat Desa Ciomas Kecamatan Panjalu Ciamis. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research).Metodologi
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi
dan studi dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
informan, tempat dan peristiwa dan arsip atau dokumen.Berdasarkan hasil
pengolahan dan analisis data maka diperoleh hasil bahwa nilai pendidikan yang
terkandung dalam pelaksanaan Tradisi Upacara Nyepuh pada masyarakat Desa
Ciomas Kecamatan Panjalu Ciamis merupakan nilai pendidikan religius, nilai
pendidikan sosial dan nilai pendidikan budaya. Nilai pendidikan religius
tergambar pada pelaksanaan Tradisi Upacara Nyepuh dengan membawa aspek
keimanan (tauhid), dan simbol keberkahan. Nilai pendidikan sosial ditunjukan
dalam pelaksanaan Tradisi Upacara Nyepuh adanya rasa tanggung jawab,
kekeluargaan, sikap gotong royong, adanya norma dan etika dan kebersamaan.
Nilai pendidikan budaya pada pelaksanaan Tradisi Upacara Nyepuh ditunjukan
adanya simbol budaya, kearifan lokal yaitu adat istiadat, kekhasaan kesenian.