Abstract:
Helma Alvina. NIM 3402190340. “Pengaruh Personal Selling dan Pengembangan Produk terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada UMKM Roti Primadona di Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing)”. Dibawah bimbingan Dr. H. Yusup Iskandar, S.E., M.M (Pembimbing I) dan Risna Kartika, S.E., M.M. (Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Personal Selling dan Pengembangan Produk terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada UMKM Roti Primadona di Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1). Bagaimana pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian pada UMKM Roti Primadona? 2). Bagaimana pengaruh strategi pengembangan produk terhadap keputusan pembelian pada UMKM Roti Primadona? 3). Bagaimana pengaruh personal selling dan strategi pengembangan produk terhadap keputusan pembelian pada UMKM Roti Primadona? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis : 1). Pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian pada UMKM Roti Primadona. 2). Pengaruh pengembangan produk terhadap keputusan pembelian pada UMKM Roti Primadona. 3). Pengaruh personal selling dan pengembangan produk terhadap keputusan pembelian pada UMKM Roti Primadona.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan pendekatan deskriptif dan kuantitatif. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan verifikatif.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan perhitungan analisis koefisien korelasi tingkat hubungannya kuat. Artinya jika personal selling meningkat maka keputusan pembelian konsumen juga meningkat.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa pengembangan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan perhitungan analisis koefisien korelasi tingkat hubungannya kuat. Artinya jika pengembangan produk meningkat maka keputusan pembelian konsumen juga meningkat.
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa personal selling dan pengembangan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan perhitungan analisis koefisien korelasi berganda tingkat hubungannya kuat. Artinya jika personal selling dan pengembangan produk meningkat maka keputusan pembelian konsumen juga meningkat.
Diharapkan UMKM Roti Primadona mampu untuk meningkatkan personal selling dan pengembangan produk secara bersama – sama sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen.