Unigal Repository

Strategi Pemasaran Keripik Pisang Melalui Digital Marketing

Show simple item record

dc.contributor.author Nurfallah, Fauzi
dc.date.accessioned 2025-05-06T02:04:01Z
dc.date.available 2025-05-06T02:04:01Z
dc.date.issued 2025-05-05
dc.identifier.other Fauzi Nurfallah Yusuf
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6377
dc.description.abstract ABSTRAK FAUZI NURFALLAH YUSUF. 2025. Strategi Pemasaran Keripik Pisang Melalui Digital Marketing (Studi Kasus pada Agroindustri Keripik Pisang di Desa Sindangwangi Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran). JETI RACHMAWATI dan IVAN SAYID NURAHMAN Perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini telah membawa banyak perubahan signifikan dalam berbagai sektor, termasuk agroindustri. Pelaku agroindustri skala kecil menghadapi sejumlah keterbatasan yang membuat mereka sulit mengikuti kemajuan teknologi. Kecamatan Padaherang dikenal sebagai salah satu sentra agroindustri keripik pisang di Kabupaten Pangandaran, namun masih dihadapkan pada berbagai kendala dalam pemasaran produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang ada dalam pemasaran keripik pisang dan merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan data yang digunakan adalah data primer (responden) dan sekunder (instansi) dengan teknik penarikan sampel yaitu purpossive sampling dan alat analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kekuatan adalah harga dapat bersaing, harga bahan baku murah dan pemasaran melalui Whatsapp dan Facebook untuk faktor kelemahannya adalah kurangnya varian rasa, kegiatan produksi masih manual serta kemasan yang kurang menarik. Faktor peluang adalah permintaan stabil, pemasaran mudah dan perkembangan e-commerce. Sedangkan untuk faktor ancaman yaitu kenaikan harga bahan baku, pesaing usaha sejenis dan perubahan preferensi konsumen. Alternatif strategi yang tepat untuk diterapkan adalah mendukung strategi agresif yaitu strategi SO diantaranya yaitu strategi dengan menawarkan harga yang kompetitif di e-commerce, memaksimalkan pemasaran dan promosi di Whatsapp dan Facebook, menggunakan platform e-commerce untuk mempermudah pemesanan dan pengiriman dengan biaya yang rendah serta meningkatkan skala produksi. en_US
dc.description.sponsorship Dr.Hj.Ir rachmawati jeti, M.P. Nurahman Sayid Ivan, S.P.,M.P. en_US
dc.subject Digital Marketing, Keripik Pisang, SWOT en_US
dc.title Strategi Pemasaran Keripik Pisang Melalui Digital Marketing en_US
dc.title.alternative Studi Kasus Pada Agroindustri Keripik Pisang Di Desa Sindangwangi Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account