Abstract:
ABSTRAK
Reza Rukmantara, NIM. 3402200495. “Pengaruh Program Membership Card Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi Pada Perusahaan Peralatan Outdoor Bm Outdoor Ciamis”. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Ibu Hj. Iyus Yustini, S.Pd., M.M. (Pembimbing II)
Berdasarkan identifikasi masalah, maka rumusan masalah adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana pengaruh program membership card terhadap loyalitas pelanggan pada BM Outdoor Ciamis? 2) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada BM Outdoor Ciamis? 3) Bagimana pengaruh program membership card dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada BM Outdoor Ciamis?.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 996 konsumen dengan menggunakan teknik insedental sampling didapat sejumlah 91 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: analisis regresi linear, koefisien korelasi, koefisien determinasi, ujit dan uji f.
Hasil penelitian dari penelitian dan pengolahan data maka dapat diketahui persamaan regresinya yaitu Y=a + b1X1 + bX2X2 atau Y= 9,738 + 0,330 X1 + 0,458 X2 yang artinya bahwa apabila nilai X1 bertambah 1 maka nilai Y akan mengalami kenaikan sebesar 0,330 begitupula X2 bertambah 1 maka nilai Y akan mengalami kenaikan sebesar 0,458. Koefisien korelasi antara variabel program membership card (X1) dan kualitas pelayanan (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y). Berdasarkan tabel 3. koefisien korelasinya berada diantara interval korelasi 0,60 – 0,799 termasuk pada kategori hubungan yang kuat. Jadi pengaruh program membership card dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Perusahaan Peralatan Outdoor BM Outdoor Ciamis memiliki hubungan yang kuat. Program membership card dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Perusahaan Peralatan Outdoor BM Outdoor Ciamis adalah sebesar 60%. Artinya loyalitas pelanggan dipengaruhi membership card dan kualitas pelayana 60%, sedangkan sisanya 40% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai Fhitung sebesar 65,89 maka Ftabel sebesar 3,10 sehingga dapat diketahui bahwa Fhitung sebesar 65,89 > 3,10 itu artinya hipotesis yang diajukan yaitu terdapat pengaruh program membership card dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dapat diterima. Dan hipotesis yang diajukan dapat diterima dan teruji kebenarannya.
Kata Kunci : Program Membership Card, Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan