Unigal Repository

ANALISIS TATANIAGA SALAK PONDOH DI DESA MARGAHAYU KECAMTAN MANONJYA KABUPATEN TASIKMALAYA

Show simple item record

dc.contributor.author irfan hilmi ramdani
dc.date.accessioned 2025-04-17T07:49:20Z
dc.date.available 2025-04-17T07:49:20Z
dc.date.issued 2025-03-07
dc.identifier.issn Analisis tataniaga salak pondoh
dc.identifier.issn Analisis tataniaga salak pondoh
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6326
dc.description.abstract IRFAN HILMI RAMDANI ,2024. Analisis Tataniaga Salak Pondoh Di Desa Margahayu Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Dibawah bimbingan AGUS YUNIAWAN ISYANTO dan SAEPUL AZIZ. Tataniaga salak pondoh merujuk pada seluruh rangkaian kegiatan ekonomi yang terlibat dalam proses pengadaan, pengolahan, distribusi, dan pemasaran salak pondoh, dari produsen hingga konsumen akhir. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) untuk mengetahui saluran pemasaran dalam tataniaga buah salak pondoh di Desa Margahayu Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, (2) Untuk mengetahui margin pemasaran tiap saluran pemasaran pada tataniaga buah salak pondoh di Desa Margahayu Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, (3) untuk mengetahui Farmer Share dalam tataniaga buah salak pondoh di Desa Margahayu Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis marjin pemasaran, analisis farmer’s share. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa tataniaga salak pondoh di Desa Margahayu Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya terdapat tiga saluran pemasaran. Saluran pemasaran 1 : Petani => Konsumen. Saluran pemasaran 2: Petani => Pedagang Pengecer =>Konsumen. Saluran pemasaran 3 : Petani => Pedagang Pengumpul => Pedagang Pengecer => Konsumen. Margin pemasaran dari saluran pemasaran 1 sebesar Rp. 7.000 , saluran pemasaran 2 sebesar Rp. 5.000, saluran pemasaran 3 sebesar Rp. 4.000. Farmer share saluran pemasran 1 : 100%, saluran pemasaran 2 : 50% dan saluran pemasaran 3 : 40%. Adapun hal yang disarankan dalam penelitian ini petani untuk mempertimbangkan saluran pemasaran dengan melihat kuantitas panen supaya tidak terjadi sehingga petani dapat memperoleh harga yang sesuai. Kata Kunci: tataniaga, margjin pemasaran, buah salak. en_US
dc.description.sponsorship Pengbingbing Utama Dr. drh. Agus Yuniawan Isyanto, M.P Pengbimbing Anggota Saepul Aziz, S.P., M.P. Ketua Program Setudi Agribisnis Anisa Puspitasari, S.P., M.P. Dekan Fakultas Pertanian en_US
dc.relation.ispartofseries Analisis tataniaga salak pondoh di desa margahayu kecamatan manonjaya kabupaten tasikmalaya;
dc.subject skripsi en_US
dc.title ANALISIS TATANIAGA SALAK PONDOH DI DESA MARGAHAYU KECAMTAN MANONJYA KABUPATEN TASIKMALAYA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account