Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui : saluran pemasaran
kecimpring, besarnya marjin, biaya dan keuntungan pemasaran kecimpring, dan
besarnya producer’s share kecimpring pada UMKM Cimpring Melati di Desa
Cijeungjing Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang
digunakan adalah studi kasus. Data yang diperoleh terdiri atas data primer dan data
sekunder. Jumlah responden sebanyak 5 orang, satu orang produsen, dan empat
orang pedagang pengecer. 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa : saluran
pemasaran kecimpring pada UMKM Cimpring Melati di Desa Cijeungjing
Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis hingga sampai ke konsumen akhir yaitu
: saluran 1 : Produsen - Konsumen, dan saluran 2 : Produsen - Pedangan Pengecer
- Konsumen. 2. Pada saluran pemasaran 1 tidak ada marjin, biaya dan keuntungan.
Sedangkan pada saluran pemasaran 2) marjin Rp 15.000 per kilogram, biaya
pemasaran Rp 950 per kilogram dan keuntungannya Rp 14.050 per kilogram.
3) Producer’s share pemasaran kecimpring yaitu saluran 1 adalah 100 persen dan
saluran 2 adalah 84,21 persen.