Abstract:
ABSTRAK
Wulan Apriliani, NIM. 3402200387. “Pengaruh Perceived value dan Customer
Satisfaction Terhadap Customer Loyalty (Suatu Studi Pada Pelanggan
DapurCK Di Kecamatan Racah)”. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Nana
Darna, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Ibu Hj. Nina Herlina, I.r., M.M.
(Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Perceived Value dan Customer
Satisfaction Terhadap Customer Loyalty (Suatu Studi pada Pelanggan DapurCK Di
Kecamatan Rancah). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah :
1)Bagaimana pengaruh Perceived Value terhadap Customer Loyalty pada pelanggan
DapurCK di Kecamatan Rancah?2)Bagaimana pengaruh Customer Satisfaction
terhadap Customer Loyalty pada pelanggan DapurCK di kecamatan
Rancah?3)Bagaimana pengaruh Perceived Value dan Customer Satisfaction
terhadap Customer Loyalty pada pelanggan DapurCK di kecamatan Rancah?
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1)Untuk mengetahui dan
menganalisis Pengaruh Perceived Value terhadap Customer Loyalty pada
pelanggan DapurCK di kecamatan Rancah.2) Untuk mengetahui dan menganalisis
Pengaruh Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty pada pelanggan
DapurCK di kecamatan Rancah.3) Untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh
Perceived Value dan Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty pada
pelanggan DapurCK di kecamatan Rancah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan
pendekatan kuantitatif dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 1) Perceived Value berpengaruh positif sebesar 69,06% terhadap Customer
Loyalty. Hasil uji t sebesar 14,485, yang lebih besar dari t tabel 1,66123, sehingga
dinyatakan signifikan; 2) Customer Satisfaction berpengaruh positif sebsesar
74,30% terhadap Customer Lotality. Hasil uji t sebesar 16,486, yang lebih besar
dari t tabel 1,66123, sehingga dinyatakan signifikan; 3) Perceived Value dan
Customer Satisfaction berpengaruh positif sebesar 76,91% terhadap Customer
Lotality. Hasil uji F sebesar 154,911, yang lebih besar dari F tabel 3,09, sehingga
dinyatakan signifikan. Diharapkan pihak perusahaan dapat meningkatkan nilai
yang dirasakan (perceived value) oleh pelanggan. Selain itu, kepuasan pelanggan
juga perlu terus ditingkatkan melalui pelayanan yang berkualitas, sehingga loyalitas
pelanggan terhadap produk atau layanan akan semakin kuat. Dengan demikian,
perusahaan dapat menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan
meningkatkan daya saing di pasar.
Kata kunci : Perceived Value, Customer Satisfaction dan Customer Loyalty