Unigal Repository

PENGARUH BIAYA PRODUKSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN (STUDI PADA CV. INONG MAKMUR BAROKAH)

Show simple item record

dc.contributor.author Dewi, Tita Rosiana
dc.date.accessioned 2025-01-07T04:57:53Z
dc.date.available 2025-01-07T04:57:53Z
dc.date.issued 2024-11-02
dc.identifier.other Tita Rosiana Dewi
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/6229
dc.description.abstract Tita Rosiana Dewi, NIM. 3403200104. “Pengaruh Biaya Produksi terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus Pada CV. Inong Makmur Barokah)”. Dibawah bimbingan Dede Abdul Rozak, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Purnamasari, S.E., M.AB. (Pembimbing II). Penelitian ini difokusan pada Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus Pada CV. Inong Makmur Barokah). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi: 1]. Bagaimana biaya produksi pada CV. Inong Makmur Barokah tahun 2013-2022? 2]. Bagaimana volume penjualan pada CV. Inong Makmur Barokah tahun 2013-2022? 3]. Bagaimana pengaruh biaya produksi terhadap volume penjualan pada CV. Inong Makmur Barokah tahun 2013-2022?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisi mengenai, 1]. Biaya produksi pada CV. Inong Makmur Barokah.; 2]. Volume penjualan pada CV. Inong Makmur Barokah.; 3]. Pengaruh biaya produksi terhadap volume penjualan pada CV. Inong Makmur Barokah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan unuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Koefisien Korelasi Sederhana, Koefisien Determinasi, Analisis Regresi Linier Sederhana dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F). Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa 1) Perkembangan biaya produksi pada CV. Inong Makmur Barokah kurang optimal, hal ini dikarenakan dalam kurun waktu 10 tahun, jumlah biaya produksi selalu mengalami fluktuasi, besarnya jumlah biaya produksi pada dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2022 yaitu sebesar Rp. 1.882.306.237 dengan rata-rata sebesar Rp. 188.230.624 setiap tahunnya, sedangkan rata-rata perkembangan setiap tahunnya mengalami peningkatan sebesar 5%. 2) Perkembangan volume penjualan pada CV. Inong Makmur Barokah belum optimal, hal ini dikarenakan pencapaian volume penjualan yang mengalami fluktuasi, besarnya jumlah volume penjualan dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2022 yaitu sebanyak 505.398 bungkus setiap tahunnya, sedangkan rata-rata perkembangan setiap tahunnya mengalami kenaikan sebesar 1%. 3) Biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, yang artinya apabila biaya produksi meningkat maka volume penjualanpun mengalami peningkatan. Begitupun sebaliknya apabila biaya produksi menurun maka volume penjualanpun mengalami penurunan. Adapun besar pengaruhnya sebesar 70,3%. Kata Kunci : Biaya Produksi dan Volume Penjualalan en_US
dc.description.sponsorship Rojak, Dede Abdul & Sari, Purnama en_US
dc.language.iso other en_US
dc.subject Biaya Produksi en_US
dc.subject Volume penjualan en_US
dc.title PENGARUH BIAYA PRODUKSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN (STUDI PADA CV. INONG MAKMUR BAROKAH) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account