Abstract:
Pemasaran cabai merah besar di Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri Kabupaten Ciamis, dengan realitas di lapangan menunjukkan berbagai tantangan, seperti fluktuasi harga dan biaya pemasaran yang tinggi, mempengaruhi pendapatan petani dan efektivitas pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor internal dan eksternal dalam pemasaran cabai merah besar dan untuk mengetahui alternatif strategi pemasaran yang relevan untuk digunakan dalam pemasaran cabai merah di Desa Cibeureum. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengambilan data secara langsung dari responden penelitian, Teknik penarikan sampel diambil secara sensus atau sampling jenuh. Rancangan analisis data menggunakan analisis SWOT. Faktor internal terdiri dari kekuatan berupa harga kompetitif, jaringan distribusi yang baik, lokasi strategis, kualitas produk yang baik, dan keberlanjutan produksi yang tinggi. Sedangkan kelemahannya permodalan terbatas, kurang pengetahuan strategi pemasaran, ketergantungan pada satu pasar, kualitas kurang konsisten, terbatasnya akses pasar, dan teknologi masih konvensional. Faktor eksternal terdiri dari peluang dan ancaman yang ada, peluang meliputi pemasaran digital, permintaan meningkat, segmentasi pasar, tersedianya infrastruktur komunikasi dan transportasi, dan adanya pembinaan dari dinas pertanian, sedangkan yang menjadi ancaman yaitu fluktuasi harga, perubahan iklim, produk cabai daerah lain, perkembangan teknologi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternatif strategi yang dapat digunakan oleh petani cabai merah besar di Desa Cibeureum dengan strategi yang agresif, strategi S-O (Strength-Opportunity) antara lain mempertahankan kekuatan dengan memanfaatkan peluang yang ada.