Abstract:
Manggis merupakan produk unggulan hortikultura Indonesia yang lezat dan kaya akan nutrisi. Buah tropis yang memiliki tampilan menarik ini cukup populer baik di kalangan pasar domestik maupun internasional. Namun di sisi lain, pemenuhan standar kualitas manggis di pasar domestik masih kurang diperhatikan termasuk di pasar tradisional, khususnya pasar tradisional Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi dan sikap konsumen terhadap masing-masing atribut buah manggis di pasar tradisional Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Hasil uji Chi Square menyatakan bahwa seluruh atribut buah manggis berbeda nyata dalam taraf kepercayaan 95%, artinya adanya perbedaan preferensi konsumen yang nyata terhadap berbagai atribut buah manggis di pasar tradisional Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Preferensi konsumen yaitu manggis dengan rasa Manis, berwarna ungu kehitaman, memiliki jumlah juring sebanyak ≥ 6, memiliki tekstur kulit yang mulus, memiliki harga yang murah sekitar Rp10.000 – Rp15.000, dan berukuran sedang sekitar 9 - 10 buah/kg. Hasil analisis multiatribut Fishbein menyatakan bahwa atribut yang dipertimbangkan secara berurutan dari yang paling dipertimbangkan hingga kurang dipertimbangkan adalah atribut rasa (18,76), harga (18,17), ukuran (17,25), tekstur kulit (17,11), warna (16,99), dan jumlah juring (16,71). Penelitian ini diharapkan dapat membantu pedagang buah di pasar tradisional Cikurubuk Kota Tasikmalaya untuk menyediakan manggis yang sesuai dengan selera konsumen.