Abstract:
Perkembangan transportasi online mulai mengikis keberadaan transportasi umum karena
transportasi online mengakomodir kebutuhan penumpang secara pribadi, privasi dan eksklusif.
Transportasi umum sejatinya lebih dapat diandalkan karena dapat mengakomodir kebutuhan
penumpang secara umum dan masal. Dengan sifat yang diakomodir secara umum dan masal
hal ini membuat penumpang satu sama lain berinteraksi serta bersosialisasi. Karakteristik
penumpang sangat mempengaruhi dalam memilih moda transportasi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui karakteristik dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaku perjalanan
dalam memilih moda transportasi online dan transportasi konvensional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaku perjalanan dan factor-faktor yang
mempengaruhi pemilihan moda antara trasnportasi online dan transportasi konvensional di
Pusat Perbelanjaan Yogya Mitrabatik Kota Tasikmalaya. Metode penelitian adalah deskriptif
kuantitatif dengan sampel 100 responden, metode pengumpulan data yaitu menggunakan
kuesioner, pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan
software SPSS versi 29.
Hasil penyebaran kuisioner pada pengunjung Pusat Perbelanjaan Yogya Mitrabatik diperoleh
sebagian besar 55% pengguna memilih transportasi online dan 45% memilih transportasi
konvensional. Berdasarkan uji kolerasi, faktor-faktor yang berpengaruh adalah kompetensi
pengemudi, kemudahan mendapatkan moda, tarif/biaya, cepat mendapatkan moda