Abstract:
PELAYANAN TRANSPORTASI PUBLIK KERETA REL LISTRIK OLEH PT. KERETA COMMUTER INDONESIA CABANG KOTA BEKASI
Nizar Azi Ferdiandi
Ilmu Pemerintahan Universitas Galuh, Ciamis, Indonesia
ABSTRAK
Kota Bekasi mempunyai perkembangan yang sangat pesat, yang berbeda dibandingkan dengan daerah dan Kota sekitarnya. Dengan majunya perkembangan yang pesat Pemerintah Kota Bekasi harus melakukan evaluasi untuk memajukan Kota Bekasi agar lebih maju dibandingkan kota-kota lainnya, karna perkembangan tersebut sangat berdampak untuk kota lain yang akan selalu memiliki keterkaitan dengan kota lainnya juga. Pemerintah Kota Bekasi sangat berperan penting untuk kemajuan transportasi umum salah satunya KRL. Dikarnakan kota Bekasi sendiri merupakan salah satu pusat pertumbuhan ekonomi dan kegiatan dari berbagai daerah\kota. Dengan meningkatnya jumlah penduduk yang setiap tahunnya meningkat, maka masyarkat sangat membutuhkan moda transportasi yang praktis, cepat, dan terjangkau untuk digunakan sehari-hari demi menghindari kemacetan. Akan tetapi KRL ini masih banyak masalah terkait pelayanan yang belum optimal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana Pelayanan Transportasi Publik Kereta Rel Listrik Oleh PT. Kereta Commuter Indonesia Cabang Kota Bekasi, penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode Deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pelayanan Transportasi Publik Kereta Rel Listrik Oleh PT. Kereta Commuter Indonesia Cabang Kota Bekasi, Sumber data yang digunakan meliputi data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan Studi Dokumen, Wawancara dan Observasi. Pemerintah kota Bekasi telah memberikan fasilitas transportasi umum Kereta Rel Listrik, ada beberapa faktor evaluasi pelayanan yang harus dilakukan. Yaitu seperti keamanan dan kenyamanan yang sudah seharusnya menjadi fasilitas memadai untuk pengguna transportasi umum.
Kata Kunci: Pelayanan, Transportasi, Kereta Rel Listrik