Abstract:
Ardi Agung Surya Yuda Pratama. 3402200362. “Analisis Strategi Bauran
Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan UMKM (Suatu Studi pada
UMKM Keripik Kaca Bar bar di Ciamis)”. Dibawah bimbingan Ibu Dr.
Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M sebagai Pembimbing I dan Bapak H. Roni
Marsiana Suhendi, S.E., M.M sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini difokuskan pada Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam
Meningkatkan Penjualan UMKM (Suatu Studi pada UMKM Keripik Kaca Bar bar
di Ciamis).
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana strategi
bauran pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Keripik Kaca Bar bar?; 2].
Bagaimana penjualan pada UMKM Keripik Kaca Bar bar?; 3]. Bagaimana analisis
strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Keripik
Kaca Bar bar?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi
bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Keripik Kaca Bar
bar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif
dengan pendekatan kualitatif dan dijelaskan secara deskriptif. Pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan bauran
pemasaran sangat penting untuk dilakukan sehingga dapat meningkatkan
penjualan. Berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya UMKM Keripik Kaca Bar
bar lebih memfokuskan pada elemen promotion dalam bauran pemasaran dengan
memaksimalkan penggunaan media sosial, misalnya melalui konten kreatif dan
penjualan di marketplace untuk mendorong peningkatan penjualan secara
berkelanjutan.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran dan Penjualan