Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Relationship Marketing dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap (Studi pada Konsumen PT
Griya Pratama Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis).
Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana pengaruh
relationship marketing terhadap keputusan pembelian mie sedaap pada PT Griya
Pratama Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis? ; 2). Bagaimana pengaruh
kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mie Sedaap pada PT Griya
Pratama Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis? ; 3). Bagaimana pengaruh
relationship marketing dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian mie
sedaap pada PT Griya Pratama Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis? Adapun
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh relationship
markeing terhadap keputusan pembelian mie sedaap pada PT Griya Pratama
Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis; 2). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap
keputusan pembelian mie sedaap pada PT Griya Pratama Yomart Minimarket
Baregbeg Ciamis; 3). Pengaruh relationship marketing dan kualitas pelayanan mie
sedaap terhadap keputusan pembelian mie sedaap pada PT Griya Pratama Yomart
Minimarket Baregbeg Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh
digunakan Analisis Koefisien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi
Berganda, Analisis Regresi Linear Berganda, Analisis Koefisien Determinasi, dan
Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F).
Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa relationship
marketing dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian mie sedaap pada PT Griya Pratama Yomart Minimarket
Baregbeg Ciamis dengan besarnya pengaruh 44,49% dan sisanya 55,52%
dipengaruhi faktor lain.
Diharapkan PT Griya Pratama Yomart Minimarket Baregbeg Ciamis
mempertahankan dan memperhatikan relationship marketing dan kualitas
pelayanan sehingga akan meningkatkan keputusan pembelian.