Abstract:
ABSTRAK
Dila Lestari, 3402200352. “Pengaruh Brand Equity dan Inovasi Produk
Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Basreng
Salaut PT Maha Karya Sudarna)”. Di Bawah Bimbingan Dr. H. Yusup
Iskandar, S.E., M.M. (Pembimbing I) dan Risna Kartika, S.E., M.M
(Pembimbing II).
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh brand equity dan inovasi produk terhadap
keputusan pembelian (studi pada konsumen produk basreng salaut PT Maha Karya
Sudarna).
Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: 1] Bagaimana pengaruh brand equity
terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk basreng salaut PT Maha
Karya Sudarna?; 2] Bagaimana pengaruh inovasi produk terhadap keputusan
pembelian pada konsumen produk basreng salaut PT Maha Karya Sudarna?; 3]
Bagaimana pengaruh brand equity dan inovasi produk terhadap keputusan
pembelian pada konsumen produk basreng salaut PT Maha Karya Sudarna?;
Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1] Pengaruh brand equity terhadap
keputusan pembelian pada konsumen produk basreng salaut PT Maha Karya
Sudarna; 2] Pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian pada
konsumen produk basreng salaut PT Maha Karya Sudarna; 3] Pengaruh brand
equity dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen produk
basreng salaut PT Maha Karya Sudarna.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk
basreng salaut PT Maha Karya Sudarna dengan jumlah 8.500 konsumen dan
sampelnya adalah sebanyak 99 orang konsumen. Sedangkan teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis koefesien korelasi sederhana, analisis koefesien
korelasi berganda, analisis koefesien determinasi, Uji t dan Uji F.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1] Brand equity berpengaruh terhadap
keputusan pembelian, dengan demikian hipotesis diterima dan teruji kebenarannya.
2] Inovasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan demikian
hipotesis diterima dan teruji kebenarannya. 3] Brand equity dan inovasi produk
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan demikian hipotesis diterima
dan teruji kebenarannya.
Diharapkan PT Maha Karya Sudarna lebih memperhatikan faktor brand equity dan
inovasi produk agar keputusan pembelian produk basreng salaut PT Maha Karya
Sudarna semakin meningkat dan sesuai yang diharapakan perusahaan.
Kata Kunci: Brand Equity, Inovasi Produk dan Keputusan Pembelian