Abstract:
Tujuan dari penelitian yang penulis ajukan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat perbandingan yang signifikan antara latihan menggunakan awalan dan tanpa awalan terhadap hasil shooting dalam permainan sepakbola kelas VI di SD Negeri 2 Kadupandak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true-eksperiment design. Desain penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah two group pretest-posttest design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di kelas VI SD Negeri 2 Kadupandak. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa kedua kelompok mengalami peningkatan terhadap hasil shooting dalam permainan sepakbola kelas VI di SD Negeri 2 Kadupandak dengan latihan menggunakan awalan sebesar 20.7% dan latihan tanpa awalan sebesar 30.3%. Latihan tanpa awalan lebih efektif dari pada latihan menggunakan awalan terhadap hasil shooting dalam permainan sepakbola kelas VI di SD Negeri 2 Kadupandak. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dengan menggunakan pendekatan statistika, penulis dapat menyimpulkan hasil penelitian sebagai berikut:
1. Terdapat perbandingan yang signifikan latihan menggunakan awalan terhadap hasil shooting dalam permainan sepakbola kelas VI di SD Negeri 2 Kadupandak.
2. Terdapat perbandingan yang signifikan latihan tanpa awalan terhadap hasil shooting dalam permainan sepakbola kelas VI di SD Negeri 2 Kadupandak.
3. Latihan tanpa awalan lebih efektif dari pada latihan menggunakan awalan terhadap hasil shooting dalam permainan sepakbola kelas VI di SD Negeri 2 Kadupandak.