dc.description.abstract |
Faizal Alfa Firdaus, Nim. 3402200481. “Pengaruh Sistem Gamifikasi
Terhadap Loyalitas Pelanggan (Suatu Studi Pada Pengguna Fitur Game
Aplikasi Shopee di Kecamatan Pataruman Kota Banjar)”. Dibawah bimbingan
Ibu Dr. Nurdiana Mulyatini, S.E., M.M (Pembimbing I) dan Bapak Kasman,
Drs., M.M. (Pembimbing II)
Penelitian ini difokuskan pada Pengaruh Sistem Gamifikasi Terhadap Loyalitas
Pelanggan (Suatu Studi Pada Pengguna Fitur Game Aplikasi Shopee di
Kecamatan Pataruman Kota Banjar). Permasalahan yang dihadapi dalam
penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana penerapan gamifikasi pada Pengguna Fitur
Game Aplikasi Shopee di Kecamatan Pataruman Kota Banjar? 2) Bagaimana
loyalitas pelanggan pengguna Fitur Game Aplikasi Shopee di Kecamatan
Pataruman Kota Banjar? 3) Seberapa besar pengaruh gamifikasi terhadap loyalitas
pelanggan Pengguna Fitur Game Aplikasi Shopee di Kecamatan Pataruman Kota
Banjar? Tujuan penelitian penelitian ini adalah untuk mengetahui: penerapan
gamifikasi pada Pengguna Fitur Game Aplikasi Shopee di Kecamatan Pataruman
Kota Banjar; loyalitas pelanggan Pengguna Fitur Game Aplikasi Shopee di
Kecamatan Pataruman Kota Banjar; Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh
gamifikasi terhadap loyalitas pelanggan Pengguna Fitur Game Aplikasi Shopee di
Kecamatan Pataruman Kota Banjar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode survey dengan pendekatan
kuantitatif dengan menggunakan analisis koefisien korelasi rank spearman,
koefisien determinasi, analisis regresi linear, dan uji parsial (uji t).
hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa gamifikasi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan besarnya
pengaruh 23% dan sisanya 77% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengguna fitur game
aplikasi shopee di Kecamatan Pataruman Kota Banjar disarankan untuk lebih aktif
memanfaatkan fitur game dan interaksi sosial di aplikasi Shopee. Dengan
menjelajahi berbagai permainan dan fitur tambahan, pengguna dapat meningkatkan
pengalaman belanja online dan memperkuat loyalitas mereka terhadap aplikasi. |
en_US |