Unigal Repository

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PANDAI BESI KAMPUNG DOKDAK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SMAN 1 BAREGBEG

Show simple item record

dc.contributor.author Maulana, Rido
dc.date.accessioned 2024-09-21T03:14:52Z
dc.date.available 2024-09-21T03:14:52Z
dc.date.issued 2024-09-21
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5782
dc.description.abstract Pentingnya pembelajaran sejarah dengan mengimplementasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam proses pembelajaran belum diaplikasikan secara optimal di SMAN 1 Baregbeg, sehingga nilai-nilai kearifan lokal belum tersampaikan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya pemahaman pendidik yang masih minim terkait nilai-nilai kearifan lokal yang dekat dengan lingkungan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai kearifan lokal masyarakat kampung Dokdak, untuk mendeskripsikan proses pembelajaran sejarah di SMAN 1 Baregbeg sebelum diimplementasikannya nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kampung Dokdak dan untuk mendeskripsikan hasil implementasi nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kampung Dokdak dalam pembelajaran di SMAN 1 Baregbeg. Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif desain studi kasus. Sumber data terdiri dari jurnal, skripsi, buku dan web. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu kepustakaan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kampung Dokdak yang diimplementasikan ke dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Baregbeg, yaitu nilai ibadah, nilai kesederhanaan, nilai gotong royong, nilai kerja sama, nilai kerja keras, nilai tanggung jawab nilai gotong royong nilai sosial dan nilai disiplin. Kemudian, proses pembelajaran sejarah di kelas X IPS 2 SMAN 1 Baregbeg selama ini belum mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal yang dekat dengan lingkungan siswa. Proses pembelajaran yang berlangsung masih menggunakan model pembelajaran kooperatif seperti tipe Jigsaw dengan metode ceramah satu arah. Selain itu, penggunaan media pembelajaran berupa power point belum dibuat secara optimal. Implementasi nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kampung Dokdak dalam proses pembelajaran sejarah memberikan dampak positif bagi siswa, yaitu meningkatkan minat belajar intraktif dan kontekstual. en_US
dc.description.sponsorship Suryana, Aan Pajriah, Sri en_US
dc.title IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PANDAI BESI KAMPUNG DOKDAK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SMAN 1 BAREGBEG en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account