Unigal Repository

Pemanfaatan Situs Gunung Jambu Sebaga iSumber Belajar Sejarah Materi Kerajaan Hindu Dan Budha ( studi kasus kelas XDi MA EL-Bayan Majenang )

Show simple item record

dc.contributor.author Astridha, Fanny
dc.date.accessioned 2024-09-21T03:10:23Z
dc.date.available 2024-09-21T03:10:23Z
dc.date.issued 2024-09-20
dc.identifier.issn Fanny Astridha
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5781
dc.description.abstract ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meneliti cagar budaya yang berada di Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi/kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Sejarah di MA EL-Bayan Majenang cenderung menggunakan metode ceramah. Sumber Belajar yang dipakai oleh Guru juga hanya dari buku paket yang di sediakan oleh sekolah. Pemanfaatan Situs Gunung Jambu sebagai Sumber Belajar Sejarah dilakukan dengan menggunakan media Power Point sebagai alat bantu Pembelajaran Sejarah di Kelas. Kendala yang dihadapi dalam Pemanfaatan Situs Gunung Jambu sebagai Sumber Belajar adalah keterbatasan materi mengenai Situs Gunung Jambu, Kendala selanjutnya adalah keberadaan Situs Gunung Jambu yang berada di Puncak Gunung Jambu sehingga menyebabkan Peserta Didik tidak bisa melihat secara langsung Situs Gunung Jambu. Upaya yang dilakukan mengenai kendala tersebut adalah memaksimalkan materi dengan menjadikan sumber dari jurnal sebagai bahan ajar. Kata Kunci: Situs Gunung Jambu, Sumber Belajar, Sejarah USE OF THE JAMBU MOUNTAIN SITE A SOURCE FOR LEARNING THE HISTORY O THE HINDU AND BUDDHIST KINGDOM (Class X Case Study at MA EL–Bayan Majenang) Fanny Astridha History Education Study Program, Galuh University Teaching and Education Facullty email: fannyastrid3@gmail.com ABSTRAK This research aims to examine cultural heritage in Wanareja District, Cilacap Regency, Central Java Province. The method used in this research is a qualitative method with data collection techniques of observation, interviews, and documentation/library. The results of the research show that the History learning process at MA EL-Bayan Majenang tends to use the lecture method. The learning resources used by teachers are only from textbooks provided by the school. The use of the Gunung Jambu site as a source for learning history is carried out using Power Point as a tool for learning history in the classroom. The obstacle faced in using the Mount Jambu Site as a Learning Resource is the limited material regarding the Mount Jambu Site. The next obstacle is the existence of the Mount Jambu Site which is at the top of Mount Jambu, which means students cannot see the Mount Jambu Site directly. Efforts made to address these obstacles are to maximize the material by using sources from journals as teaching materials. Keywords: Mount Jambu Site, Learning Resources, History en_US
dc.subject Pemanfaatan Situs Gunung Jambu Sebagai Sumber Belajar Sejarah Materi Kerajaan Hindu an Budha (studi kasus kelas X Di MA EL-Bayan Majenang ) en_US
dc.title Pemanfaatan Situs Gunung Jambu Sebaga iSumber Belajar Sejarah Materi Kerajaan Hindu Dan Budha ( studi kasus kelas XDi MA EL-Bayan Majenang ) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account