Unigal Repository

Persepsi Pengguna Program Parkir Berlangganan Di Kabupaten Ciamis

Show simple item record

dc.contributor.author Novidelia, Putri
dc.date.accessioned 2024-09-21T01:42:24Z
dc.date.available 2024-09-21T01:42:24Z
dc.date.issued 2024-08-31
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5773
dc.description.abstract ABSTRAK Putri Novidelia, NIM. 3504200068. 2024. Skripsi ini berjudul “ Persepsi Pengguna Program Parkir Berlangganan Di Kabupaten Ciamis” Parkir berlangganan merupakan salah satu program pemerintah sebagai langkah solutif dalam sistem pengelolaan perparkiran yang berupa retribusi parkir yang dipungut selama 1 (satu) tahun sebagai pembayaran atas penyediaan pelayanan tempat parkir di tepi jalan umum yang disediakan oleh pemerintah daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepi penggunaan parkir berlangganan di Kabupaten Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan analisis berupa wawancara,observasi dan studi pustaka/dokumentasi atas presepsi masyarakat di Kabupaten Ciamis terhadap program parkir berlangganan.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder , data primer diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder diperoleh dari hasil observasi , dokumentasi, buku literature dan juga teori.Teknik analisis data terdiri dari tahap pengumpulan data,reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Dalam mendapatkan data peneliti dibantu 7 informan yang terdiri dari 1 orang Kepala UPTD Parkir Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, 2 orang Juru Parkir Dinas, 4 Orang Pengguna Program Parkir Berlangganan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 9 indikator yang dijadikan sebagai alat ukur peneliti, 4 indikator dikatakan sudah optimal, sedangkan 5 indikator lainnya belum optimal. Hasil dari penelitian ini yaitu penyelenggaraan pelayanan parkir berlangganan di Kabupaten Ciamis belum optimal dan perlu tindak lanjut untuk ditingkatkan kembali. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya masyarakat yang kurang memahami prosedur terkait tata cara pendaftaran parkir berlangganan dan informasi mengenai keberadaan tanda khusus zona parkir berlangganan.Kemudian terdapat beberapa hambatan yang dihadapi yaitu belum optimalnya sosialisasi terkait program parkir berlangganan,sehingga masih terdapat masyarakat yang kurang memahami bagaimana prosedur pendaftaran parkir berlangganan.Upaya yang dilakukan Untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu Dengan Pihak Dinas Perhubungan Kab.Ciamis terus melakukan sosialisasi dan terus melakukan evaluasi penyediaan informasi supaya bisa dipahami oleh masyarakat. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.subject Persepsi, Program , Parkir Berlangganan en_US
dc.title Persepsi Pengguna Program Parkir Berlangganan Di Kabupaten Ciamis en_US
dc.title.alternative Program Parkir Berlangganan en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account