dc.contributor.author |
Dwi Noviani, Yossi Vhia |
|
dc.date.accessioned |
2024-09-21T01:05:24Z |
|
dc.date.available |
2024-09-21T01:05:24Z |
|
dc.date.issued |
2024-09-20 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5754 |
|
dc.description.abstract |
Pendidikan sejarah memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan
pemahaman siswa tentang kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun,
pembelajaran sejarah seringkali dianggap membosankan oleh siswa, sehingga
mengurangi efektivitasnya dalam menanamkan nilai-nilai penting. Hal ini
dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya penggunaan model dan media
pembelajaran yang masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran sejarah
dengan menerapkan model kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan
media film untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini
dilakukan di SMK Pasundan 2 Banjar pada siswa kelas X TKR. Metode penelitian
yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data
penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I yaitu jumlah siswa tuntas dalam
pre test yaitu 6 orang siswa atau 29%. Dan jumlah siswa yang tidak tuntas yaitu
15 orang siswa atau 71%. Sedangkan jumlah siswa tuntas dalam post test yaitu 15
orang siswa atau 71% dan jumlah siswa yang tidak tuntas yaitu 6 orang siswa atau
29%. Sedangkan dalam siklus II jumlah siswa tuntas dalam pre test yaitu 8 orang
siswa atau 38% dan jumlah siswa tidak tuntas yaitu 13 orang siswa atau 62%.
Sedangkan jumlah siswa tunas dalam post test yaitu 20 orang siswa atau 95% dan
jumlah siswa tidak tuntas yaitu 1 orang siswa atau 5% dengan nilai rata-rata 88,57
melebihi target yang telah ditentukan dari KKM 75. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa dengan model Two Stay Two Stray berbantuan media film
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Sejarah di kelas X SMK
Pasundan 2 Banjar. |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Pajriah Sri
Suryana Aan |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Two Stay Two Stay, Media Film, Pembelajaran Sejarah,Hasil Belajar |
en_US |
dc.title |
Penerapan Model Cooprative Learning Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Film Sejarah Masuknya Jepang Di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa SMK Pasundan 2 Banjar |
en_US |