Abstract:
ABSTRAK
YURIAN PRASETIYO. 2023. Strategi Pengembangan Usahatani Jambu Kristal
di Desa Karangbenda Kecamatan Parigi. Iwan Setiawan dan Benidzar M Andrie.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kekuatan dan kelemahan yang ada dalam pengembangan komoditi jambu kristal, mengetahui faktor peluang dan acaman yang ada dalam pengembangan komoditi jambu Kristal, serta untuk merumuskan strategi dalam pengembangan komoditi jambu kristal di Desa Karangbenda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023 hingga April 2024. Data primer dikumpulkan dari seorang informan dengan menggunakan teknik wawancara secara mendalam. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode Fenomenologi. Hasil dari penelitian menyatakan, terdapat tiga faktor kekuatan dalam usahatani jambu kristal (tersedianya sarana prasarana, sumber daya alam yang memadai, khasiat dan manfaat jambu kristal dan ada empat faktor kelemahannya (teknologi, teknik budidaya yang sederhana, keterbatasan informasi pasar dan kurangnya kerjasama). Kedua, ada empat faktor peluang usahatani jambu kristal (tersedianya bantuan dari pemerintah, pemanfaatan pemasaran digital, adanya inovasi pengolahan, adanya program penyuluhan), dan ada empat ancamannya (kompetitor usahatani yang sejenis, serangan hama dan penyakit, perubahan cuaca yang tidak menentu dan pelaksanaan penyuluhan tidak menentu). Ketiga, strategi pengembangan usahatani jambu kristal berada didalam Kuadran I, yang berarti mendukung untuk berada diposisi atau strategi yang diterapkan adalah Agresif (Growt Oriented Strategy), yaitu dengan memiliki kekuatan yang kuat dan memiliki peluang untuk berkembang.
Kata Kunci : Strategi, Pengembangan, Jambu Kristal
v
ABSTRACT
YURIAN PRASETIYO. 2023. Crystal Guava Farming Development Strategy (Case Study in Karangbenda Village, Parigi District. Iwan Setiawan and Benidzar M Andrie.
This research aims to identify the strengths and weaknesses in the development of crystal guava commodity, understand the opportunities and threats in the development of crystal guava commodity, and formulate strategies for the development of crystal guava commodity in Karangbenda Village. This research was conducted from May to July 2023. Primary data was collected from an informant using in-depth interview techniques. This qualitative research used is fenomenology. The results of the research reveal:First, there are three strengths factors in crystal guava farming (availability of infrastructure, adequate natural resources, the efficacy and benefits of crystal guava), and there are four weakness factors (technology, simple cultivation techniques, limited market information, and lack of cooperation). Second, there are four opportunity factors in crystal guava farming (government assistance availability, digital marketing utilization, processing innovation, extension program availability), and there are four threat factors (similar farming competitors, pest and disease attacks, unpredictable weather changes, inconsistent extension implementation).
Third, the development strategy for crystal guava farming falls within Quadrant I, which means it supports being in a position where the applied strategy is Growth- Oriented Strategy, by leveraging strong strengths and opportunities for growth.
Keywords : Strategy, Development, Guava Crystals