Abstract:
ACEP APRIANDI, 2024. Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Nila di Desa Sindangherang Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Dibawah Bimbingan Trisna Insan Noor dan Rian Kurnia.
Pemasaran ikan nila di Desa Sindanherang memiliki potensi tinggi, tetapi masih dihadapi kendala. Tingginya permintaan pasar mengakibatkan banyaknya lembaga pemasaran terlibat, sehingga saluran pemasaran yang tersedia menjadi banyak dan belum jelas saluran mana yang paling menguntungkan bagi petani pembudidaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis cara pemasaran, keuntungan, biaya, dan efisiensi ikan nila. Metode penelitian yaitu kualitatif deskriptif dengan sampel petani yang dipilih secara sengaja dan pedagang yang dipilih secara snawball sampling. Penelitian ini dilakukan di Desa Sindangherang Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Sampel yang diambil dari petani pembudidaya ikan nila yaitu sebanyak 11 pembudidaya, 1 pedagang besar, 10 pedagang pengecer. Hasil penelitian menunjukkan ada dua cara penjualan ikan nila di Desa Sindangherang. 4. Saluran pemasaran ikan nila semunya sudah efisien. Saluran I adalah saluran pemasaran paling efisien dibandingkan dengan saluran pemasaran II berdasarkan nilai Efisiensi pemasaran yaitu sebesar 4,00 persen. Sementara saluran pemasaran II memiliki nilai Efisiensi Pemasaran sebesar 5,93.
Kata Kunci: saluran pemasaran, efisiensi pemasaran dan ikan nila.