Abstract:
Penelitian ini mengeksplorasi implementasi nilai-nilai kearifan lokal tradisi Ngikis di Desa Jajawar, Kota Banjar, dalam pembelajaran sejarah di kelas X-7 SMAN 3 Banjar untuk membantu siswa memahami dan menghargai budaya mereka serta mengembangkan karakter positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pemanfaatan nilai kearifan lokal yang terkandung dalam tradisi ngikis di Desa Jajawar dalam pembelajaran Sejarah. Penamaan nilai kearifan lokal dipraktikan dengan pembelajaran Sejarah yang menghubungkan konten pembelajran dengan nilai budaya tradisi ngikis di Desa Jajawar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, design studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui proses obersvasi, wawancara dan analisa data. Penelitian ini menunjukan bahwa nilai nilai kearifan lokal yang terkandung pada tradisi ngikis di Desa Jajawar yaitu : Nilai religius, nilai sosial dan nilai etika. Hasil dari pemanfaatan nilai nilai kearifan lokal tradisi ngikis di Desa Jajawar dalam pembelajaran Sejarah diintegrasikan dalam materi “Asal Usul Nenek Moyang Indonesia”.
Kondisi siswa setelah melakukan proses pembelajaran dengan memanfaatkan nilai kearifan lokal tradisi ngikis di Desa Jajawar yaitu, siswa menjadi lebih aktif serta semangat dalam proses pembelajaran Sejarah serta siswa mengetahui nilai – nilai kearifan lokal yang terkandung dalam tradisi ngikis di Desa Jajawar yang bisa direalisasikam dalam kehidupan sekoalah dan sehari – hari.