Unigal Repository

Analisis hubungan geometrik jalan raya dengan tingkat kecelakaan lalu lintas (studi kasus ruas jalan raya Batulawang kecamatan pataruman kota Banjar km 1+000- km 8+200)

Show simple item record

dc.contributor.author Febriansyach, Iqbal
dc.date.accessioned 2024-09-17T07:19:06Z
dc.date.available 2024-09-17T07:19:06Z
dc.date.issued 2024-09-17
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5557
dc.description.abstract Jalan raya Batulawang kecamatan Pataruman kota Banjar merupakan jalan penghubung kota Banjar dengan Banjarsari. Sebagai jalan dengan LHR yang tinggi, tidak jarang pada ruas jalan tersebut terjadi kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan korban jiwa maupun materi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lokasi daerah rawan kecelakaan (blackspot), mengetahui hubungan antara nilai EAN dengan jari-jari tikungan, jarak pandang henti, derajat kelengkungan, serta mengetahui hubungan perubahan V/C rasio dengan angka kecelakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif atau survey deskriptif, untuk menggambarkan mengapa ada fenomena itu terjadi. Dalam penelitian ini dibahas analisis hubungan geometrik jalan raya dengan tingkat kecelakaan lalu lintas. Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi, data primer dan data sekunder. Hasil analisis diketahui lokasi daerah rawan kecelakaan lalulintas di ruas jalan raya Batulawang kecamatan Pataruman kota Banjar terletak pada lengkung horizontal 2 dengan Nilai EAN lebih besar dari nilai EANc yaitu 66 > 36,49. Kemudian dari hasil analisis regresi polynomial hubungan geometrik jalan raya Batulawang kecamatan Pataruman kota Banjar dengan tingkat kecelakaan yang paling berpengaruh adalah jari-jari tikungan, bisa dilihat dari nilai R2 yang besar yaitu 0,5096. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi geometrik jalan dengan tingkat kecelakaan. Sedangkan Untuk hubungan antara V/C rasio dengan angka kecelakaan diperoleh nilai R2 besar yaitu 0,1875 yang menunjukan tidak ada pengaruh perubahan V/C rasio terhadap angka kecelakaan. Kata kunci: Kecelakaan lalu lintas, EAN, V/C rasio en_US
dc.description.sponsorship Defiana Yanti, Saepudin Uu en_US
dc.language.iso other en_US
dc.subject Abstrak en_US
dc.subject Kecelakaan lalu lintas, EAN, V/C rasio. en_US
dc.title Analisis hubungan geometrik jalan raya dengan tingkat kecelakaan lalu lintas (studi kasus ruas jalan raya Batulawang kecamatan pataruman kota Banjar km 1+000- km 8+200) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account