Abstract:
Latar belakang : Kecemasan adalah kondisi dimana seseorang merasa gelisah, takut, tidak nyaman, khawatir, disertai dengan adanya gejala fisik. Gejala yang dapat terjadi antara lain gemetar, pusing, berkeringat, serta detak jantung yang cepat. Tujuan : Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi mindfulness terhadap kecemasan pada mahasiswa dengan menggunakan literature review. Metode : Desain penelitian ini menggunakan literature review. Subjek penelitian yang dilakukan dengan menggunakan database yaitu Pubmed, ScenceDirect dan Google Scholar. Temuan jurnal yang digunakan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Hasil pencarian didapat 10 jurnal yang relevan. Hasil : Penelitian dalam literature review menunjukan bahwa adanya pengaruh terapi mindfulness terhadap kecemasan pada mahasiswa. Terapi mindfulness efektif dilakukan satu kali dalam seminggu selama 8 minggu dengan durasi tiap sesi 3-14 menit. Saran : Hasil dari literature review ini dapat dijadikan masukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran keperawatan untuk mengembangkan teori dan meningkatkan pengetahuan bagi pembaca tentang pengaruh terapi mindfulness terhadap kecemasan pada mahasiswa.