Abstract:
Latar Belakang:Toilet training merupakan aspek penting pada perkembangan anak usia toddler yaitu usia 1 sampai 3 tahun dimana orang tua harus memberikan perhatian yang lebih dalam hal buang air besar dan buang air kecil. Pembelajaran toilet training pada anak merupakan langkah awal pembentukan kemandirian anak. Pengetahuan toilet training sangat penting untuk dimiliki oleh seorang ibu. hal ini akan berpengaruh pada pelaksanaan toilet training pada anak. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang toilet training dengan pelaksanaan toilet training pada anak usia toddler. Metode: penelitian yang digunakan analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 84 orang. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang toilet training dengan pelaksanaan toilet training pada anak usia toddler di Kelurahan Ciamis Tahun 2024 karena nilai > p value (0,05 > 0,000). Sebagian besar responden ibu yang memiliki anak usia toddler (1-3 tahun) memiliki pengetahuan yang kurang dengan pelaksanaan toilet training yang kurang baik, hendaknya ibu meningkatkan pengetahuan tentang toilet training bagi anaknya, sehingga dengan pengetahuan yang mereka miliki mampu melatih toilet training yang baik dan benar.