dc.description.abstract |
ABSTRAK
AHMAD FADILAH. NIM: 2124200004. Pengaruh Metode Penugasan Terhadap Hasil Belajar Service Atas Pada Permainan Bola Voli. Selama penulisan skripsi ini, penulis di bawah bimbingan Ibu Sri Maryati, S.Pd., M.Pd., sebagai pembimbing I dan Bapak Hendra Rustiawan, S.Pd., M.Pd., selaku pembimbing II.
Tujuan dari penelitian yang penulis ajukan yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan metode penugasan terhadap hasil belajar service atas bola voli pada siswa MAN 1 Darusalam yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design. Desain yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah desain one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah MAN 1 Darusalam yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli sebanyak 30 orang. Sampel dalam penelitian ini siswa laki-laki yang berjumlah 20 orang MAN 1 Darusalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli. Dari hasil uji t diketahui nilai t hitung (6,309) > t tabel (2,093), dan nilai p (probabilitas) < dari 0,05. Hasil tersebut diartikan Ha: diterima dan Ho: di tolak, sehingga hipotesisnya menyatakan ada pengaruh metode penugasan terhadap hasil belajar service atas bola voli pada siswa MAN 1 Darusalam yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli. Berdasarkan hasil pengolahan data dan pengujian hipotesis yang diungkapkan pada bab IV, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: “Metode penugasan berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar service atas pada permainan bola voli pada siswa MAN 1 Darusalam yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli.”
Kata Kunci : Servis atas pada permainan bola voli, metode penugasan |
en_US |