Unigal Repository

Analisis Strategi Pemasaran Sale Lumpia Goreng (Studi Kasus Pada Agroindustri Sale Lumpia Goreng Kencana di Dusun Cigamping Desa Neglasari Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Nur Ihsanudin, Ade Juliana
dc.date.accessioned 2024-09-12T06:43:46Z
dc.date.available 2024-09-12T06:43:46Z
dc.date.issued 2024-09-12
dc.identifier.issn Ade Juliana Nur Ihsanudin
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5388
dc.description.abstract Indonesia adalah negara yang memiliki lahan pertanian yang luas. Lahan pertanian di Indonesia cocok ditanami tanaman pisang. Pisang merupakan komoditas hortikultura yang memiliki potensi cukup menjanjikan dalam bisnis. Buah pisang dapat diolah menjadi berbagai macam produk makanan yang menarik dan enak, salah satunya adalah sale lumpia goreng. Agroindustri Sale Lumpia Goreng ini sudah berjalan selama 5 tahun, namun belum ada kemajuan yang signifikan sehingga perlu adanya penelitian. Penelitian ini bertujuan 1). Mengetahui saluran pemasaran Sale Lumpia Goreng Kencana 2). Faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi pemasaran Sale Lumpia Goreng Kencana 3). Mengetahui strategi pemasaran sale lumpia Goreng Kencana. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilalukan melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan 1). Terdapat 2 saluran pemasaran pada agroindustri sale lumpia goreng Kencana yaitu a. saluran pemasarn tingkat nol (zero level channel) dari produsen langsung ke konsumen b. saluran pemasaran tingkat satu (one level channel) dari produsen ke pengecer ke konsumen. 2). Faktor Internal terdiri dari a. Kekutan : harga sale pisang yang terjangkau, memiliki ciri khas dengan rasa alami, pelanggan yang setia, tenaga kerja yang mudah diperoleh. b. Kelemahan : tampilan yang kurang menarik, alat pengolahan yang belum maksimal, promosi belum maksimal, variasi produk tidak ada. Faktor Eksternal terdiri dari a. Peluang : adanya permintaan pasar yang baik, memiliki prospek untuk dikembangkan, menciptakan lapangan pekerjaan. b. Ancaman : adanya pesaing dengan cita rasa lain, suatu saat bahan baku sulit didapat, sulit mengetahui kriteria konsumen. 3). Strategi yang harus dilakukan usaha sale lumpia goreng adalah strategi SO (Strength - Opportunities), yaitu meningkatkan kualitas produksi serta melakukan promosi secara terus menerus agar keinginan konsumen terpenuhi. en_US
dc.description.sponsorship Herdiansyah, Dedi; Sudrajat en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Fakultas Pertanian en_US
dc.subject Sale Lumpia, Saluran Pemasaran, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Strategi Pemasaran, SWOT en_US
dc.title Analisis Strategi Pemasaran Sale Lumpia Goreng (Studi Kasus Pada Agroindustri Sale Lumpia Goreng Kencana di Dusun Cigamping Desa Neglasari Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account