dc.contributor.author |
Sri Novianti, Herlina |
|
dc.contributor.author |
Munir, Sirojul |
|
dc.contributor.author |
Mulyani, Sri |
|
dc.date.accessioned |
2024-09-10T08:46:20Z |
|
dc.date.available |
2024-09-10T08:46:20Z |
|
dc.date.issued |
2024-08-31 |
|
dc.identifier.other |
Herlina |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5342 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi dengan
Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Di Kelas VII MTs
Terpadu Riyadlul Hidayah Al-Munawwarah Kabupaten Ciamis”. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan pembelajaran menulis teks
deskripsi dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL); (2)
pelaksanaan pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model
Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL); (3) perubahan kemampuan siswa setelah
mengikuti pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model
Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII
MTs Terpadu Riyadlul Hidayah Al-Munawwarah sebanyak 30 orang yang terbagi
menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini
meliputi tes awal (prates), tes akhir (pascates), dan pedoman observasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks
deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) sesuai
dengan kurikulum Merdeka 2) langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran
dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL)
yang terdiri dari enam langkah pembelajaran, yaitu: a) Penentuan pertanyaan
mendasar, b) Mendesain perencanaan proyek, c) Menyusun jadwal, d) Memonitor
peserta didik dan kemajuan proyek, e) Menguji hasil, f) Mengevaluasi pengalaman.
3) terdapat perubahan kemampuan peserta didik dalam menulis teks deskripsi
setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
berbasis proyek (PjBL). Hal ini dibuktikan dengan Ttabel 1,701 lebih kecil daripada
Thitung 5,805 dan signifikan (0,402>0,05) sehingga H0 ditolak.
Kata Kunci : Menulis Teks Deskripsi, Model PjBL |
en_US |
dc.description.sponsorship |
Munir, Sirojul. Mulyani, Sri |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Bahasa Indonesia/PBI |
en_US |
dc.subject |
Menulis Teks Deskripsi, Model PjBL |
en_US |
dc.title |
Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) di Kelas VII MTs Terpadu Riyadlul Hidayah Al-Munawwarah Kabupaten Ciamis |
en_US |
dc.type |
Other |
en_US |