Unigal Repository

Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) di Kelas VII MTs Terpadu Riyadlul Hidayah Al-Munawwarah Kabupaten Ciamis

Show simple item record

dc.contributor.author Sri Novianti, Herlina
dc.contributor.author Munir, Sirojul
dc.contributor.author Mulyani, Sri
dc.date.accessioned 2024-09-10T08:46:20Z
dc.date.available 2024-09-10T08:46:20Z
dc.date.issued 2024-08-31
dc.identifier.other Herlina
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5342
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Di Kelas VII MTs Terpadu Riyadlul Hidayah Al-Munawwarah Kabupaten Ciamis”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL); (2) pelaksanaan pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL); (3) perubahan kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Terpadu Riyadlul Hidayah Al-Munawwarah sebanyak 30 orang yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tes awal (prates), tes akhir (pascates), dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) sesuai dengan kurikulum Merdeka 2) langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) yang terdiri dari enam langkah pembelajaran, yaitu: a) Penentuan pertanyaan mendasar, b) Mendesain perencanaan proyek, c) Menyusun jadwal, d) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek, e) Menguji hasil, f) Mengevaluasi pengalaman. 3) terdapat perubahan kemampuan peserta didik dalam menulis teks deskripsi setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Hal ini dibuktikan dengan Ttabel 1,701 lebih kecil daripada Thitung 5,805 dan signifikan (0,402>0,05) sehingga H0 ditolak. Kata Kunci : Menulis Teks Deskripsi, Model PjBL en_US
dc.description.sponsorship Munir, Sirojul. Mulyani, Sri en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Pendidikan Bahasa Indonesia/PBI en_US
dc.subject Menulis Teks Deskripsi, Model PjBL en_US
dc.title Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) di Kelas VII MTs Terpadu Riyadlul Hidayah Al-Munawwarah Kabupaten Ciamis en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account