Abstract:
Guru adalah salah satu faktor yang mempengaruhi terciptanya pendidikan
yang berkualitas, oleh karena itu guru harus memiliki empat kompetensi salah
satunya adalah kompetensi pedagogik yaitu kemampuan guru dalam mengelola
proses pembelajaran yang berhubungan dengan peserta didik. Masalah dalam
penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran umum kompetensi pedagogik guru
seni budaya SMP Negeri 6 Tasikmalaya dalam pencapaian prestasi akademik
peserta didik? (2) Bagaimana hambatan dalam ketercapaian kompetensi pedagogik
guru seni budaya SMP Negeri 6 Tasikmalaya dalam pencapaian prestasi akademik
peserta didik? (3) Bagaimana upaya untuk mengoptimalisasi kompetensi pedagogik
guru seni budaya SMP Negeri 6 Tasikmalaya dalam pencapaian prestasi akademik
peserta didik?
Penelitian ini menggunakan metote penelitian kualitatif. Lokasi penelitian
yaitu di SMP Negeri 6 Tasikmalaya. Pemilihan tempat berada di SMP Negeri 6
Tasikmalaya dilatar belakangi karena kebaradaan SMP Negeri 6 Tasikmalaya yang
merupakan salah satu sekolah menengah pertama favorit di Kota Tasikmalaya yang
banyak menghasilkan bebrbagai macam prestasi. Teknik dalam pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu: (1) observasi (2)
wawancara (3) dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik yang meliputi
perencanan, pembelajaran dan evaluasi sudah dimiliki oleh semua guru seni budaya
di SMP Negeri 6 Tasikmalaya. Juga sangat penting Guru dalam mengoptimalkan
teknologi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran dapat tersampaikan dengan
baik kepada peserta didik. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Guru Seni
Budaya SMP Negeri 6 Tasikmalaya untuk mengoptimalkan kompetensi pedagogik
dalam Pencapaian prestasi akademik peserta didik yaitu a) banyaknya administrasi
pembelajaran yang dikerjakan, b) Guru Seni Budaya yang mengajar lintas keilmuan
seni budaya, c) Aktualisasi peserta didik yang kurang maksimal, d) Pemanfaatan
teknologi yang kurang maksimal.
Upaya-upaya dalam mengatasi hambatan yang dihadapi oleh Guru Seni
Budaya SMP Negeri 6 Tasikmalaya untuk mengoptimalkan kompetensi pedagogik
dalam pencapaian prestasi akademik peserta didik yaitu a) memperingkas
administrasi pembelajaran, b) Sering berbagi praktik belajar antar sesama guru seni
budaya dan berkolaborasi dengan guru lain, c) pendekatan yang baik kepada peserta
didik, d) Pemanfaatan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi peserta
didik.