dc.description.abstract |
Penelitian ini berfokus pada permasalahan tentang
pengembangan kompetensi sosial guru dalam meningkatkan
proses pembelajaran, hal ini dilatarbelakangi oleh berbagai
permasalahan tentang kualitas pengajaran khususnya pada
jenjang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini dilakukan
melalui metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan
secara teknik merupakan penelitian studi kasus pada TK
Anandita kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Melalui
teknik pegambilan data wawancara, observasi dan dokumentasi,
yang kemudian sejumlah data diolah melalui langkah: display
data, reduksi data dan analisis data serta ditunjang dengan
triangulasi waktu, konfirmasi akhli dan pengulangan proses
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut :
(1) kompetensi sosial guru dalam meningkatkan proses
pembelajaran pada TK Anandita dapat dikategorikan baik,
ditunjang oleh upaya pengembangan kompetensi sosial guru
yang dilakukan Kepala TK. (2) Hambatan yang masih dihadapi
guru bersumber dari kelamahan manajemen sekolah, seperti:
lemahnya fasilitas pendukung pembelajaran, lemahnya anggaran
sekolah yang berdampak pada seluruh sektor pembiayaan, dan
manajemen kerjasama dan koordinasi antara pihak sekolah
dengan pihak stakeholder seperti masyarakat dan orang tua
peserta didik; (3) Strategi pengembangan kompetensi sosial
guru pada TK Anandita diantaranya: strategi pembinaan
langsung tidak langsung dari kepala TK Anandita,
pengembangan mandiri personal guru, strategi penguatan
manajerial internal TK, strategi penerapan inovasi tertentu,
Strategi penguatan kerjasama internal, dan strategi penguatan
kerjasama eksternal. |
en_US |