Unigal Repository

PENGEMBANGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN (Studi Kasus di Tk Anandita Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor)

Show simple item record

dc.contributor.author Dian Novrita, Malasari
dc.date.accessioned 2024-09-07T05:16:13Z
dc.date.available 2024-09-07T05:16:13Z
dc.date.issued 2024-07-13
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5283
dc.description.abstract Penelitian ini berfokus pada permasalahan tentang pengembangan kompetensi sosial guru dalam meningkatkan proses pembelajaran, hal ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan tentang kualitas pengajaran khususnya pada jenjang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini dilakukan melalui metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan secara teknik merupakan penelitian studi kasus pada TK Anandita kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Melalui teknik pegambilan data wawancara, observasi dan dokumentasi, yang kemudian sejumlah data diolah melalui langkah: display data, reduksi data dan analisis data serta ditunjang dengan triangulasi waktu, konfirmasi akhli dan pengulangan proses Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : (1) kompetensi sosial guru dalam meningkatkan proses pembelajaran pada TK Anandita dapat dikategorikan baik, ditunjang oleh upaya pengembangan kompetensi sosial guru yang dilakukan Kepala TK. (2) Hambatan yang masih dihadapi guru bersumber dari kelamahan manajemen sekolah, seperti: lemahnya fasilitas pendukung pembelajaran, lemahnya anggaran sekolah yang berdampak pada seluruh sektor pembiayaan, dan manajemen kerjasama dan koordinasi antara pihak sekolah dengan pihak stakeholder seperti masyarakat dan orang tua peserta didik; (3) Strategi pengembangan kompetensi sosial guru pada TK Anandita diantaranya: strategi pembinaan langsung tidak langsung dari kepala TK Anandita, pengembangan mandiri personal guru, strategi penguatan manajerial internal TK, strategi penerapan inovasi tertentu, Strategi penguatan kerjasama internal, dan strategi penguatan kerjasama eksternal. en_US
dc.subject Kompetensi Sosial Guru, Proses pembelajaran. en_US
dc.title PENGEMBANGAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN (Studi Kasus di Tk Anandita Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account