Unigal Repository

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Cintawana Tasikmalaya)

Show simple item record

dc.contributor.author Meti, Hermawati
dc.date.accessioned 2024-09-07T04:20:07Z
dc.date.available 2024-09-07T04:20:07Z
dc.date.issued 2024-07-13
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5279
dc.description.abstract Pada hakekatnya penelitian ini berfokus pada permasalahan tentang upaya peningkatan hasil belajar peserta didik melalui efektivitas pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini merupakan studi kasus pada permasalahan pembelajaran mata pelajaran sejarah di SMA Cintawana Tasikmalaya. Mata pelajaran sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki sifat abstrak dan alur pemikiran yang panjang, oleh karena itu membutuhkan media pembelajaran yang mampu memvisualisasikan materi pembelajaran menjadi sederhana, efesien dan efektif dan mudah dipahami oleh peserta didik. Begitu pula dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, kebutuhan akan teknologi informasi dan komunikasi semakin menjadi tuntutan bagi perkembangan sistem pembelajaran. Penelitian ini, dilakukan melalui pendekatan kualitatif melalui penggunaan conceptual framework peneliti dan proses inquiry yang berkelanjutan dan metode deskripsi eksploratif dengan maksud mengeksplorasi kondisi yang ada menjadi suatu tatanan konsep dan strategi. Melalui teknik pegambilan data wawancara, observasi dan dokumentasi, serta proses pengolahan data melalui langkah display data, reduksi data dan analisis data, maka penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa : (1) Pemanfaatan media TIK ditinjau dari penguasaan guru sejarah dikategorikan baik. Adapun pemanfaatan TIK untuk menunjang kinerja guru, media pembelajaran dan media sumber pembelajaran. Dan hambatan utama yang masih dirasakan guru diantaranya terkait dengan keterbatasan ketersediaan sarana; (2) Dampak positif pemanfaatan media TIK diantaranya : Peningkatan motivasi belajar, aktifitas peserta didik, interaksi peserta didik dalam pembelajaran, visualisasi pembelajaran lebih memudahkan belajar, kemudahan akan materi dan sumber belajar, dan mendukung proses belajar mandiri. (3) Efektivitas pemanfaatan media TIK dalam proses pembelajaran sejarah memiliki ketergantungan terhadap hal berikut: keterampilan penguasaan guru dalam TIK, kelengkapan fasilitas, dan kesiapan peserta didik. en_US
dc.subject Media TIK, Media Pembelajaran, Sejarah en_US
dc.title EFEKTIVITAS PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Cintawana Tasikmalaya) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account