Unigal Repository

IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR GURU (Study Kasus di Gugus 1 Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Lilis, Lismawati
dc.date.accessioned 2024-09-07T02:36:41Z
dc.date.available 2024-09-07T02:36:41Z
dc.date.issued 2024-07-13
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5274
dc.description.abstract Tesisi ini berjudul implementasi supervisi akademik Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja mengajar Guru (study kasus di Gugus 1 Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis). Lilis Lismawati. NIM. 82362223002. Di bawah bimbingan Dr. Maman Herman, S.Pd., M.Pd., (Pembimbing I) dan Dr. H. Kusnandi, Drs., MM., M.Pd., (Pembimbing II). Penelitian ini dilatar belakangi bahwa hasil penilaian kinerja guru pada Gugus 1 Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis, dapat dijelaskan bahwa guruguru menunjukkan kemampuan yang beragam dalam berbagai aspek penilaian. Guru menunjukkan keahlian yang baik dalam menyusun Modul Ajar dengan capaian sebesar 60%, demikian pula dalam pelaksanaan pembelajaran dengan pencapaian 60%. Guru juga menunjukkan kemampuan yang memadai dalam menjalin hubungan antarpribadi sebesar 55%. Penilaian hasil pembelajaran menunjukkan tingkat kemampuan yang lebih tinggi, yaitu 75%, menandakan guru memiliki keahlian dalam mengukur dan mengevaluasi hasil pembelajaran siswa. Kemampuan guru dalam pengayaan dan remedial mencapai 65%, sementara dalam melaksanakan pengembangan diri mencapai 60%. Penelitian bertujuan untuk mengetahui implementasi supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja mengajar guru di Gugus 1 Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini analisis desain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini terdiri atas Kepala Sekolah, Pengawas, Komite Sekolah dan Guru. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan 1) Reduksi data, 2) Penyajian data / Data display, dan 3) Penarikan kesimpulan / Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah ditinjau dari aspek identifikasi penyimpangan, membandingkan standar dengan kenyataan, penilaian prestasi, analisis penyebab, dan tindakan koreksi telah diimplementasikan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. Namun ada aspek yang perlu ditingkatkan yakni pada sub aspek keterampilan bagi guru dan komunikasi yang lebih efektif dengan stakeholders. 2) Hambatan berupa kurangnya pelatihan teknis bagi guru, keterbatasan dan fasilitas. Kemudian evaluasi kinerja terkendala oleh waktu yang terbatas, keterbatasan sumber daya manusia yang terampil, dan komunikasi yang kurang efektif antara pengawas, kepala sekolah, dan guru. 3) Upaya yang dilakukan dengan menyusun jadwal supervisi terencana, memberikan pelatihan dalam keterampilan supervisi yang efektif, dan mengembangkan kerja sama dengan staf pengawas atau koordinator akademik. en_US
dc.subject Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kinerja Mengajar Guru. en_US
dc.title IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA MENGAJAR GURU (Study Kasus di Gugus 1 Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account