dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya guru IPA diMTsN 1 Ciamis dalam menerapkan pendekatan dan metode
pembelajaran yang efektif. Kurangnya variasi guru IPA di MTsN 1
Ciamis dalam menerapkan metode pembelajaran dapat menyebabkan
peserta didik merasa bosan dan tidak termotivasi untuk belajar sehingga
berdampak kurang optimalnya hasil belajar peserta didik. Tujuanpenelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengenai:
(1)Kompetensi profesional guru IPA di MTsN 1 Ciamis; (2) Faktorfaktor
penghambat efektivitas kompetensi profesional guru IPA untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTsN 1 Ciamis; dan (3)
Upaya-upaya yang dilakukan guru IPA dalam menunjang efektivitas
kompetensi profesional guru IPA untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik di MTsN 1 Ciamis. Penelitian ini mengunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian didapatkan dari
informan yaitu kepala madrasah, guru IPA dan pengawas madrasah. Alat
pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
wawancara, observasi, dan studi dokumentasi serta melaksanakan
triangulasi. Selanjutnya data diolah dengan reduksi data, penyajian data,
menetapkan kesimpulan dan verifikasi data. Kesimpulan penelitian ini
menunjukkan bahwa tiga aspek kompetensi profesional guru IPA yang
paling berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik
adalah: (1) Kemampuan pedagogik yaitu kemampuan guru dalam
merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran; (2)
Kemampuan profesional yaitu kemampuan guru dalam menguasai
materi pelajaran, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, serta menggunakan media pembelajaran; (3) Kemampuan
personal yaitu kemampuan guru dalam berkomunikasi, membimbing,
dan memotivasi peserta didik. |
en_US |