Unigal Repository

STUDI TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI KAMULYAN 04 KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP

Show simple item record

dc.contributor.author Laili Faizatun, Fuadah
dc.date.accessioned 2024-09-06T08:52:41Z
dc.date.available 2024-09-06T08:52:41Z
dc.date.issued 2024-07-27
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/5263
dc.description.abstract Penelitian ini berjudul STUDI TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI KAMULYAN 04 KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP, Laili Faizatun Fuadah, NIM. 82362223018. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa karakter pendidik yang baik atau disebut kepribadian guru bisa menjadi panutan bagi peserta didiknya. Kepribadian itulah yang akan menentukan apakah seorang guru akan menjadi pendidik dan pembina yang baik bagi anak didiknya, ataukah menjadi perusak atau penghancur bagi hari depan peserta didiknya terutama bagi anak didik yang masih kecil (tingkat sekolah dasar). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Kompetensi kepribadian guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SD Negeri Kamulyan 04 Kecamatan Bantarsari; 2) Hambatan yang dihadapi; 3) Upaya yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan tesis ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengkaji permasalahan dan memperoleh makna yang lebih mendalam. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sedangkan informan pada penelitian ini meliputi pengawas, kepala sekolah, guru, peserta didik, dan komite sekolah. Teknik analisis data dilakukan melalui rediksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi kepribadian guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sudah terlaksana cukup baik. Namun, masih ada beberapa guru berperilaku yang belum mencerminkan keteladanan dalam kegiatan belajar mengajar seperti terlambat masuk mengajar; 2) Hambatan yang dihadapi sebagai berikut: a) Guru belum sepenuhnya mampu dalam mengendalikan emosi akibat stress atau tekanan dalam mengahadapi masalah yang kompleks khususnya dalam kegiatan belajar mengajar. b) Kurangnya semangat, perhatian dan kepedulian guru dalam mengayomi siswa dengan karakteristik yang beragam. c) Terabaikannya pengajaran dan pembinaan siswa akibat ketidakmampuan guru mengatur waktu dalam menyeimbangkan tugas- tugas yang diembannya; 3) Upaya yang dilakukan sebagai berikut: a) Guru sudah memahami makna menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa. Guru mampu menstabilkan emosinya, bersikap lebih dewasa, dan lebih bijak dalam menilai suatu permasalahan. b) Guru sudah mampu memfasilitasi anak didiknya terlepas dari latar belakang mereka dan memandangnya sebagai tanggung jawab yang merupakan bagian dari kewajiban yang harus dilaksanakan sepantasnya oleh seorang guru. c) Guru sudah mampu mengatur waktu sebaik mungkin (time management) agar semua tugas yang dibebankan padanya tidak menghambat perannya sebagai seorang pendidik. Guru mampu memprioritaskan tugas-tugasnya sebagai pendidik untuk membentuk karakter siswa yang unggul dibalik sederetan tugas lain yang harus dilaksanakan. Pembelajaran berdiferensiasi dapat terlaksana dengan baik ketika guru memiliki keyakinan perbedaan adalah normal dan bernilai. en_US
dc.subject Kompetensi Kepribadian Guru, Motivasi Belajar Peserta Didik en_US
dc.title STUDI TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI KAMULYAN 04 KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account